Kamis, 17 November 2011

sobekan tiket bioskop dan cakram digital


pengalaman menonton film adalah hal paling menakjubkan buat saya. waktu kecil hampir setiap bulan, bapak mengajak saya menonton film. saya biasa meminta dibelikan kue tetek (eh betul gak sih namanya, pokoknya yang warnanya hijau dan bentuknya seperti tetek itu lhoo.. pasti tau lah ya) ketimbang minta dibelikan pop corn (karena pop corn selalu membikin saya haus).  dia akan bertanya mau apa lagi, dan saya menggeleng. kemudian sebelum masuk gedung bioskop dia akan bertanya apakah saya mau pipis, karena filmnya lama.


saya baru tahu kalau ini namanya kue APE

saya ingat menangis geru-geru di dalam gedung bioskop ketika menyaksikan mufasa ayah simba - the lion king - mati terinjak rombongan wildebeest dalam siasat busuk paman scar menjebak simba.

saya ingat menonton jumanji di grand wijaya center, sabtu malam dan menunggu 2 jam karena ketinggalan pertunjukkan pertama. di sebelah saya duduk ada pasangan sedang bertengkar. bapak mengajak saya ngobrol supaya saya tidak memperhatikan mereka. lucunya, hal-hal kecil macam itu justru teringat saat ini, moment-moment yang dulu tidak berkesan.

saya menyediakan waktu 10 menit untuk berpikir dan menuliskan film-film yang paling berkesan sepanjang hidup saya, semua yang berjumpalitan di benak. karena gak mau spoiler alert, silahkan menonton dan buktikan betapa menariknya film-film berikut.



pertama kali menonton amelie di ccf salemba bersama kawan-kawan kelas 3 ips tarq, saya langsung jatuh cinta dengan amelie. ia sosok yang hangat dan menyenangkan meski hatinya kesepian. sampai hari ini saya masih terpesona dengan amelie, ia yang mencintai dirinya sendiri, dan peduli pada hal remeh temeh – itulah keindahan hidup. caranya yang kreatif dan lucu saat membalaskan dendam bagi dirinya dan orang-orang yang berarti bagi hidupnya. (saya pasti senang punya kawan amelie). saya menyukai cara dia melakukan hal-hal kecil dengan kesungguhan, memberikan kegembiraan bagi orang lain dan berada di belakang layar : ia tidak ingin diketahui bahwa ia-lah sesungguhnya yang telah bersiasat !!



mental saya jadi terbelakang setelah menonton film ini. bapak suka sekali komedi jenis ini. ini film buat saya jorok banget (jorok beneran! saya ngebayangin itu proses syutingnya gimana ya.. mikirin itu aja bikin ketawa dan depresi sekaligus). bapak tidak sabar membiarkan saya sendirian menonton borat, dan selalu nimbrung dan ketawa-tawa keras-keras, padahal dia sudah menonton itu beberapa kali, belum bosan dan masih berkata, jenius..jeniuss



ironi..saya paham rasanya jadi gilbert, tinggal di kota mati, seperti berdansa tanpa musik, begitu prolognya. cerita ini mengalir demikian lancar dan tanpa beban. ceritanya terlalu sederhana, kalimat-kalimatnya tidak hebat, hanya merencanakan ulangtahun arnie. tapi keseluruhan isi cerita, prinsip hidup, keputusan dan pilihan, begitu membumi. saya tidak menangis ketika menontonnya. saya menangis setelah selesai menontonnya. luar biasa.



the best movie i ever saw.. dahsyat.. musik yang diaransemen ulang betul-betul membuat saya terpana. tariannya mengagumkan, warna-warni berlesatan, jenius!! saya beneran ke pengen jadi bagian dalam perkawanan mereka! bapak selalu nonton bersama saya, dan minta diulang bagian lagu yang ia sukai : let it be (sambil berdeham di bagian choir). pernah lihat iklan soy joy kan, dan tarian dari penyanyi kita yang luar biasa am, juga film-nya slank, saya kira mereka terinspirasi dari film ini juga.



teguh karya membikin saya tercengang. saya menonton ini bersama petra marwie di kineforum, cerita rumah yang saya bayangkan persis seperti alur film ini. luar biasa. konflik-konflik rumahtangga, susah ditandingi film macam ini. kalimatnya tidak puitis, tapi justru itulah yang membuatnya menarik..cinta kasih dan harga diri. saya suka endingnya.. indah .. seperti merasakan lebaran!



saya jatuh cinta pada grup band sigur ros.. lagu-lagu mereka selalu membuat saya hanyut, lebur ke dalam bilik hati yang saya kunci rapat-rapat. pertemuan dan perkawanan saya dengan kalis juga dimulai dengan obrolan mengenai sigur ros, video klip mereka yang luar biasa, lirik yang menyentuh, melodi yang membuat saya lupa daratan..indahh. saya gak tahu kalau dia juga suka sigur ros dan obrolan kami langsung tek-tok. suatu hari saya bilang saya dia, musik sigur ros bikin gw mau bunuh diri taukk..beneran. (musik mereka telah mengobati saya pelan-pelan, perlahan dan membikin saya berdamai dengan banyak kenangan buruk). saya menyukai film dokumenter ini. silahkan anda juga tonton. jangan lupa mendengarkan Andvari...



saya menontonnya di kineforum, cerita yang menarik, hebat untuk ukuran produksi masa itu..pertanyaan bodoh saat menonton film ini adalah : kapan orang jawa mulai menyikat gigi dengan pasta gigi? karena sepanjang cerita diperlihatkan detail karang gigi yang menghitam pada gigi-gigi masyarakat jawa.  hanya lucu ketika memperhatikan rima melati dari awal cerita sampai akhir masih mengandung, sementara cerita bergulir sudah bertahun-tahun. begitulah, saya teringat kumisnya max havelaar..mengingatkan saya pada kumis kawan saya dan aroma filter pada tubuhnya.



sampai hari ini kalau saya berkhayal..pijakan cerita saya adalah while you were sleeping, saya merasa sangat hangat dan hidup. di kepala saya sudah ada apartemen dengan warna kayu tempat lucy tinggal, juga sudut-sudut chicago dalam film ini sudah ada di kepala saya, saya membayangkan keluarga besan yang hangat, terbuka dan penuh pemakluman : menerima, saya terpesona dengan keseluruhan cerita ini. ceritanya luar biasa indah dan lancar, sepele, tapi bukankah dalam hidup kita juga perlu mengalami hal yang mudah-mudah untuk membuatnya jadi seimbang



ceritanya mengalir cepat dan tegang. saya menyukai gaya brad pitt yang sombong, ia yang tidak bisa ditaklukkan dan dingin, ia yang ternyata juga rapuh dan penuh pengorbanan. cinta yang luar biasa. saya tidak bisa berhenti membayangkan menjadi robert redford pada film ini,karakter yang luar biasa..saya berdoa,semoga bila situasi pada brad pitt itu terjadi, masih ada yang mau membela saya .. lebaayyy... tapi beneran keren. operasi makan malam yang mendebarkan!!



film ini membikin saya terhenyak dan lupa bernafas. kepedihan itu, rasa bertahan, eksploratif! mengagumkan..saya berduka untuk duka ini, akibat perang, dan penaklukan. saya muak dengan kejahatan dan pelanggaran HAM. mereka membantu saya berani untuk kembali bermimpi melihat sepenggal dunia. semoga mereka masih hidup dan bahagia! saya berdoa malaikat menjaga mereka satu per satu, anak-anak di dunia.



saya berharap seluruh anak di muka bumi, laki-laki dan perempuan mendapatkan haknya yang sejajar. saya berharap setiap anak mendapat kesempatan belajar dan mengembangkan potensi dirinya yang terbaik, saya berharap setiap anak hidup dalam kedamaian dan harmoni. saya berharap setiap orang menolak kekerasan dan merawat kebebasan supaya kita dapat menjadikan bumi tempat hidup yang lebih baik, penuh toleransi.



kebetulan saya suka film-film garapan kakak beradik christopher nolan dan jonathan nolan. saya menyukai memento, the prestige dan batman : the darknight. tapi tidak ada yang sememukau inception buat saya. ide mengenai ekstraktor (pencuri ide yang tersembunyi dalam benak melalui sebuah rekayasa mimpi) luar biasa, dengan kalimat-kalimat teka-teki.

saya tidak melihat ada jumping logic di sini - jelas ia tidak mau membiarkan dirinya terlihat bodoh, christopher nolan itu - which is saya kepingin banget sejenius dia. sampai hari ini saya masih terkagum-kagum dengan inception, saya suka setiap detail pada film ini, saya suka setiap pemerannya, saya suka caranya membikin saya terlihat sangat bodoh dan pongo. jenius!




kenapa tidak tuhan biarkan bangsa dengan satu bahasa. tuhan pernah murka seperti yang disampaikan alkitab,  tuhan menggagalkan rencana itu dan membikin manusia terserak ke seluruh penjuru bumi.

adalah identitas. bahkan dengan tubuhnya sendiri ia tidak dapat berkomunikasi. film terbaik yang pernah saya saksikan. trenyuh dalam penghayatan mengenai manusia-manusia di belahan bumi yang sama. saya tidak dapat tidur berhari-hari memikirkan keserbamungkinan tersebut, betapa hidup kita adalah puzzle-puzzle besar bagi hidup orang lain.takdir dan nasib itu betul-betul terasa mengganggu sekali deh...




buat saya film ini lebih bagus dari film adaptasi romeo and juliet manapun. setelah menonton film ini saya membaca novel tipis brokeback mountain dan terkagum-kagum dengan gambaran lugas dan deskriptifnya, sangat nyata! (buku saya hilang!! bete).  kalau kau mau tahu cinta sejati, tontonlah ini, bawalah bekal pemahaman yang lebih jernih, tentang kasih, penantian dan pengorbanan. saya menyukai cara film ini memberikan pilihan pada kita mengenai penilaian, itulah..manusia suka menaksir dan menimbang, kita tidak bebas nilai. apalah kita?


Kenapa ya film ini hangat banget? Saya kira karena forrest memberikan kesempatan pada kita akan rasa-rasa ‘mungkin’. Mosok sih kalo kita niatnya baik dan jujur gak ketemu bahagia. Mosok sih tuhan gak peduli sama hamba yang kecil di tengah hamparan  pasir di pantai. Mosok sih saya yang underdog gak beroleh nasib baik.

Miss gump, ibu forrest senior (well, si halley joel osment jadi little forrest dan dia sangat menggemaskan) berkata seperti yang kita semua sudah tahu :  hidup ini seperti coklat dalam box, kita gak tahu apa yang akan kita dapat (kira-kira begitu). Sementara letnan Dan menyesali habis-habisan dirinya yang tidak ketemu ‘takdir’ mati sebagai hero, dia malah dipertemukan dengan takdir yang lain yang tak ia mau (lucu) yakni bertemu forrest gump lebih lama. letnan dan membenci keberadaan dirinya yang jadi cacat.

run forrest..run!




terlalu sulit untuk ditangkap pengertian... terlalu sulit, saya ngeri kalau punya kawan macam orang ini.



finding neverland, i’m so in love with peterpan sekaligus berduka terhadap dia. ini bukan cerita tentang peterpan dan tinker bell.. ini cerita tentang cerita peterpan itu sendiri. peter, si kecil yang terluka, tak ada yang dapat menyembuhkan dia.

saya selalu suka kalimat james m barrie : i'm youth i'm joy , i'm a little bird that has broken out of the egg.



superb, splendid adalah kata yang tepat untuk seven. kelam, dingin, sepi. morgan freeman begitu berjarak sekaligus tanpa jarak. film ini luar biasa hebat bagi saya, eksplorasi kekejamannya, rasa menunggu, drama itu betul-betul membuat otak saya berdenging-denging. ASSu.. begitulah pujian saya untuk film ini.menegangkan dan membikin bergidik. saya meyukai kevin spacey si john doe yang pathetic itu.



dari ketiga film silence of the lambs, hannibal, dan red dragon, film terakhir sekaligus prequel itulah yang paling menyentakkan hati. membuat saya terkesima dan kebingungan. tagline film ini saja sudah membuat saya bergidik : to understand the origin of evil, you must go back to the beginning. dahsyaatt .. saya tidak punya lagi kata-kata untuk menggambarkan betapa luar biasanya ketiga film ini. perasaan terbuang dan bertahan hidup, eksplorasi kekejian, sir anthony hopkins .. adore you sir. 



ini jenis film yang bisa saya pahami setelah nonton lebih dari tiga kali, dan bersamaan dengan berkembangnya pengertian, hal-hal yang dulu seolah biasa saja, bisa bikin diri bergidik..karena ngeri.




charlie buckett jelas bocah laki-laki yang beruntung. saya menyukai cara roald dahl bertutur, saya menyukai cara film ini mendeskripsikan novel anak-anak ini. saya ingin ada di pabrik coklat willy wonka juga!!



jelas ini adalah film favorit saya sepanjang masa. biasanya saya selalu lebih menyukai buku ketimbang film, pada cerita adaptasi novel. tapi khusus secret garden, saya menyukai filmnya berkali lipat ketimbang membaca bukunya. segalanya serba detail. saya bisa tangkap suasana sedih dan murung yang menggelayut. ini tontonan luar biasa. saya menyukai membayangkan berada di taman rahasia itu dan merasakan gigitan udara dingin. btw, di otak saya, maggie smith selalu terlihat tua dan suaranya itu lhoo..ampunn deh..khas banget!!



di logic saya sih gak sampai... saya baca cerpennya, tapi tetep gak kena soal badan yang menua, dan memudanya badan.  tapi saya tahu banget soal cinta-cinta sejenis itu (haallahh gak usah bangga!!) saya tahu pedihnya, rasa rindu dan menanti, rasa bertahan.. well i'm so sad of you both ..  tidak bisakah kita tidak menggubris yang lain-lain?



ini adalah film tercerdas yang pernah saya tonton, percakapan-percakapan urban..apa salahnya ya dengan mengikuti hasrat sebelum dia jadi alum dan kelat. saya suka ending di before sunset : kamu tahu nina simone...yang pantatnya egal egol.. (saya masih penasaran si ethan hawke jadi terbang gak tuh..dan itulah menariknya). saya masih pengen tahu cerita mereka !!




do you realise that you haveee the mosttt beautiful face – the flaming lips, selalu saya asosiasikan dengan film ini. kocak, hangat, menghibur.. betulkah ada cinta macam ini? saya menyukai perjuangan cinta yang manis dalam 50 first date... saya mendengar suara israel kamakawiwo'ole dengan genjrengan ukulele-nya berkisah tentang anak-anak bertumbuh .. dan pelangi :D



dolores van cartier membikin hari-hari saya penuh mimpi. saya menontonnya dulluu sekali, selepas kursus berenang di pondok indah, hari kamis yang panas. saya ingat betul hari itu. setelah saya sakit, saya melakukan terapi renang, selama saya sakit, saya tidak bisa lagi bernyanyi karena hati saya terlalu pedih. pada 3 kali kesempatan natal, film ini diputar ulang di televisi dan saya terhenyak mendengar lirik : i.. sing because i'm happy .. i sing because i'm free .. his eyes is on the sparrow and i know he watches me ..




ahhh another babel.. saya selalu menyukai cara alejandro gonzales irraitu menyutradarai filmnya, script yang luar biasa, jalan cerita yang memukau .. penyesalan tiada putus, kesendirian itu, kebingungan yang mendera, jatah hidup di dunia... saya masih bersedih untuk setiap tokoh dalam film ini, saking hebatnya cerita ini!!



capote dan infamous, keduanya bikin saya terhenyak meski saya lebih menyukai phillip seymour sebagai capote. bikin hati capek sebetulnya nonton ini..mendengarkan nada bicara capote.. pegel cuyy!! tapi gak bisa berhenti sebelum sampai akhir. dahsyat



tragis! briony si bodoh menyebalkan.. Begitu meluluhlantakkan hati. Cara berceritanya menakjubkan. Ia betul-betul tidak sadar perbuatannya mencelakakan orang lain. Ia memfitnah, ia berkhianat pada dirinya sendiri. Ia mengacaukan banyak keluarga dengan kelakuannya yang innocent itu. Suatu ketololan luar biasa



berapa ratus kali ya saya nonton di bioskop? 200an kali mungkin (gak sempet ngitung juga) tapi selama saya hidup, saya tidak pernah menemukan suasana begitu ceria dan gempar ketika menonton babies.. luar biasa menakjubkan.. unyu unyu. saya mencintai setiap bayi ituu... uuu unyu..unyuu... ponijao..kamu sudah sebesar apa ya sekarang.. aku dongengin mau? apakah kamu sudah tersentuh kota?




apa sih bedanya film ini dengan lock stock two smoking barrels?? suasananya sama mirip, tapi justru itu yang membikin terpesona.. saya masih terpikat pada brad pitt, dialek irish macam itu, bussett aje gile.. btw, saya suka sisi gelap film-film guy ritchie.. saya suka gaya film dia di sherlock holmes..begitu jantan dan membikin gemas.



goblok. udah itu aja. saking jeniusnya si quentin tarantino (ini jelas pujian dan envy..hohoho). paraaaahhh... gimana ya kalau beneran begitu?

  

siap-siap sport jantung ya nonton film ini..kalau gak kuat dengan kekejaman, jangan dilihat.. film ini luar biasa memukau, saya sampai kebingungan membayangkan kebrutalan dan ketumpulan nurani yang mereka pertontonkan, saya khawatir betulan nonton film ini.



karena saya senang memasak, maka saya suka film ini. keren banget..sejak bisa memasak saya kepingin sekali punya warung atau bistro yang luar biasa nyaman, tak harus besar tapi jadi tempat transit andalan..ada banyak buku-buku dan orang-orang datang tak cuma makan, tapi untuk diskusi dan share good things.




captain...oo...my captain ..  i love dead poet society .. barangkali itu sebabnya saya suka dengan kata-kata, saya juga selalu suka terhadap setiap orang yang punya dedikasi untuk mengajar, mendidik, menularkan kepandaian..mereka yang peduli terhadap orang lain.




cara bertuturnya sederhana, tapi justru karena itulah hal ini menarik, karena ini kisah nyata, dan ternyata masih banyak orang mau berkorban untuk komunitasnya, hal-hal kecil yang membawa perubahan besar untuk orang lain. hidup ibu guru!




saya tonton film ini sejak kecil dan menyukai setiap lagu di dalam film ini, klasik! kakak saya naksir brigita, sampai sekarang kayaknya dia masih cari-cari sosok brigita di kehidupan nyata deh! saya masih ingin sampai austria!


all you have to do is listen... ringan dan menghibur, juga hangat dengan caranya sendiri, musik yang luar biasa hebat, saya melongo-longo lihat permainan gitarnya.. saya kepingin kuliah di julliard juga (ngaaaarep lo ren! tau diri..ahahahaaa...namanya juga mimpi)



saya jatuh cinta pada rowley dengan teriakannya zoowweee mammaa .. i love you kid! film yang menakjubkan! gemes gemes gemes

whattt brad pitt nya banyak banget!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar