Minggu, 20 November 2011

refashion

suatu hari saya menonton program vu du ciel di metro tv, episode itu kebetulan bercerita mengenai krisis air di bumi. saya terperangah menyaksikan betapa parahnya keadaaan bumi kita, sebaiknya kau menonton juga episode itu. kebutuhan fashion manusia di bumi menghabiskan banyak sekali sumber energi, mulai dari minyak bumi untuk kebutuhan distribusi antar benua dan ketersediaan air mulai dari penanaman,pemintalan, pencelupan warna, sampai jadi produk pakaian. 

episode itu menggetarkan hati saya. saya teringat film the matrix, pakaian compang-camping, dan kilasan masa depan itu membikin hati saya terpanggil untuk membuat sebuah perubahan kecil bagi diri saya sendiri. saya kemudian berpikir, seandainya dalam satu tahun saya betul-betul tidak perlu membeli pakaian baru. seandainya setiap minggu saya bisa membuat pakaian refashion (mengubah bentuk pakaian lama menjadi seolah baru), maka dalam setahun saya telah menghemat 52 baju, bila saya melakukan itu sampai 5 tahun ke depan, bila ada 1000 perempuan melakukannya juga. muluk-muluk sih..tapi saya suka membayangkan bumi yang lebih hijau tempat anak saya besok-besok bisa berlarian mengejar kupu-kupu, menyentuh putri malu dan mengumpulkan embun dalam mangkuk daun.

alasan kedua bersifat sangat personal (saya senang membaginya, dengan demikian saya merasa lebih jejak dengan bumi, lebih rendah hati karena diberi kesempatan hidup kedua). waktu saya sakit parah, tidak bisa pergi ke mana-mana dan sedih saya telah menjadi demikian hebat, saya berdoa (waktu itu saya tidak berharap tuhan mengabulkannya, pokoknya saya berdoa dan menangis). dalam doa itu saya minta pada tuhan supaya diberi kesempatan untuk berumur panjang dan masih bisa melihat sepenggal dunia..

***
Hati saya terserak. Rerepihnya menghilang bersama udara. saya tak lagi mampu menjangkaunya. saya membutuhkan kepastian untuk mengurangi rasa khawatir.  tapi saya tahu hal itu sulit jadi mungkin seperti ketika kau coba masukkan sinar rembulan dalam botol kristal. Itu dambaan. Kau tahu bahwa dambaan hanya mungkin ada jika ada sesuatu yang belum selesai, masih ada yang dicari. Ada yang tidak bisa kau sangkal bahwa rongga dalam dirimu belum penuh. saya yang tidak pernah merasa utuh. saya sedang tidak berbahagia. 

saya lebur dalam dunia reka-reka, ketika prasyarat justru menaklukkan diri saya sendiri, ketika justru saya terperangkap dan tak bangun lagi. Pilihan saya menjadi serba sulit dan dungu. saya kelelahan untuk melakukan pencarian ulang, untuk sekedar bersandar. hal ini tidak lagi semenyenangkan dulu ketika saya menunggu hari libur supaya punya waktu untuk beristirahat dan tidur. saya lupa bahwa ketidakpastian dan ketidaktuntasan adalah bagian dari hidup yang tak dapat saya hindari. karena saya juga ditentukan oleh yang lain dan yang lain-lain. saya tahu kali ini perlu mengambil jarak terhadap perasaan sendiri sehingga bisa saya dapatkan perspektif yang lebih netral dan menyeluruh.

****

itulah kesan saya terhadap episode buruk tersebut. saya hanya ingin bangun dan lihat dunia. saya berdoa dan membayangkannya dalam kepala : saya bisa bepergian (lagi).

bepergian = mengenakan pakaian. karena itulah saya mendukung gerakan refashion. saya merasa luar biasa bersyukur dan beruntung karena memiliki hidup kembali. buat saya hal-hal remeh temeh macam ini membikin hari-hari saya jadi genap. 

dari sisi penghematan, melakukan refashion itu menyenangkan sekali. apalagi kalau kita bisa menjahit sendiri. beberapa waktu lalu saya pergi ke mall dan masuk ke toko-toko pakaian untuk melihat model-model terbaru. hhmm saya agak terkesima. blus-blus seharga 450ribu rupiah bagi saya tentu berlebihan..betul..saya kira uang segitu, bisa digunakan untuk memberikan buku bagi mereka yang memerlukan bacaan, uang sejumlah itu bisa digunakan untuk membantu orang lain. well i'm not a rich girl..tapi saya suka melakukan banyak hal dan melakukan penghematan, saya kira ini adalah penghargaan terhadap hidup. karena itu hari ini, saya merasa sangat bersyukur memiliki keterampilan refashion.

pernah dengar lagu 'a dream is a wish your heart makes-nya cinderella' kan? lagu itu membikin saya bangkit pelan-pelan.. liriknya membikin saya semangat lagi. saya teringat pelatih vokal yang saya kagumi, mbak mona unsulangi.. suatu hari dalam kesempatan les di elfa, saya tanya pada dia tentang lagu ini. saya terkesan ketika dia berujar : sampai aku gede kayak gini, lagu ini selalu bikin aku semangat ren..

betul mbak.. lagu ini membikin aku bisa bermimpi lagi, terimakasih sudah mengajarkan aku bernyanyi..

when i was a little girl..my father used to say.. if trouble ever troubles you.. just dream your cares away

A dream is a wish your heart makes .. when you're fast asleep.
In dreams you will lose your heartache .. whatever you wish for you keep.
Have faith in your dreams and someday ... your rainbow will come smiling through.
No matter how your heart is grieving ... if you keep on believing
the dream that you wish will come true.











another simplicity saturday.. main-main ke bogor ..

farewell morten, welcome chloe .. suatu hari mau sampai eropa .. mau summer school dan foto-foto

pulang dari jak japan matsuri..lanjut ke PIM 2, aplikasi tempel dari kaos disney yang lain.. i love disney ..


saya membongkar lemari dan menemukan banyak sekali kemeja milik bapak, juga blouse-blouse kepunyaan mama. Saya tahu mau ngapain... saya mau refashion juga...

setiap kali mengenakan pakaian refashion, kalau saya punya waktu lebih untuk mengingat-ingat, saya selalu merasa positif dan tentram... jadi bagian dari semesta .. punya cerita, punya silsilah .. dan demikian punya kehidupan.

2 komentar:

  1. tambahin lagi refashionnya ren, cayoo

    BalasHapus
  2. iya mandaaa.. pengen bisa jahit sendiri seperti dirimu .. biar makin banyak yang bisa di refashion :D

    BalasHapus