Senin, 05 November 2012

pancake


antara pancake dan kue lumpur, tapi ini rasanya gurih dominan asin dan enak banget. adonan pancake biasa -tapi lebih cair, saya beri tumisan bayam, jamur, bacon, bawang bombay... aduhai sekali rasanya.

apa yang akan kamu lakukan dengan adonan pancake setelah mendadarnya?

 Aku suka eksperimen dengan masakanku.. semoga sharing kali ini bisa membantu kamu berkreasi dengan pancake.

hampir setiap bulan aku membikin pancake, baik yang asin atau yang manis. Membuat pancake itu susah-susah mudah, makin sering membuatnya,makin terampil kamu menghasilkan dadaran yang matangnya pas dan rasanya enak. Tips dariku, kalau kamu buat dadaran, tuang adonan itu tigapuluh sentimeter dari atas wadah adonan, kalau dia mengalir lancar dan tak berat, maka adonanmu siap untuk didadar.

kalau aku ingin membikin pancake manis, maka aku mencampur tepung martabak instant pondan dengan terigu biasa, bandingannya 1:1 maksudnya 1 cup tepung terigu dan 1 cup pondan martabak instant, kemudian aku menuangkan 2,5 cup air atau susu atau krimer atau santan dan menambahkan 1 butir telur. Aduk hingga licin, jangan sampai menggumpal, gunakan mikser atau saring dengan saringan kelapa. tuangkan 2 sendok makan margarin atau mentega cair, adonan siap didadar..

tipis tebalnya adonan itu sesuai seleramu. wajan teflon harus panas yaa..kemudian kecilkan api, permainan mengatur api penting di sini, kamu tak akan suka bila pancake mu gosong di dasar tapi masih terasa tepung belum matang di bagian dalam.

kamu juga bisa mencampur adonan pancake mu dengan coklat bubuk yang sudah dicairkan dengan susu hangat (pastikan jangan menggumpal), mengganti cairan susu/krimer dengan cairan kopi atau mocha yang pekat, sehingga pancake manismu sudah punya ‘rasa’ – tambahkan rum vla kental atau es krim favoritmu, atau saus buah beralkohol dan itu sudah menjadi dessert yang seru .

kalau kamu senang repot, kamu bisa membikin selai buatanmu sendiri, selai kacang merah, strawberi, mangga, nanas, anything dan mencampurkannya dengan keju atau krim, atau jelly masukkan dalam wadah plastik yang sudah digunting ujungnya, dan semprotkan diatas pancake mu.

kalau suka sensasi kriuk, di atas pancake manismu bisa kamu taburkan sereal honey stars, cococrunch or anything.

ahhh ini adonan kue lekker yang kriuk, adonan dasarnya seperti pancake, hanya dia enccceeerrr sekali. jaman saya kecil, kue lekker ditaburi dengan pisang dan keju atau meises..sekarang, mereka menjual dengan esens pisang..tanpa ada taburan pisang betulan

kamu bisa membikin cake pancake dengan menyusunnya layer by layer, biasanya aku menumpuk pancake dengan coklat tim yang sudah dicampur kacang-kacangan cacah (almond, kenari, mete – pastikan sudah matang dengan memanggangnya atau mensautenya di atas wajan panas).

pancake ditumpuk dan disusun seperti tower.

menumpuk pancake, vla, pancake, coklat, pancake, vla,pancake, coklat dan seterusnya. Kamu juga bisa menghilangkan lapisan coklatnya dan berkreasi dengan pilihan topping yang kamu suka. Vla dicampur buah-buahan, atau vla keju, atau cream keju atau yogurt manis dengan buah. selain menumpuknya, kamu juga bisa membuat salad buah yang enak dengan dressing vla susu, cream keju atau yogurt dan membungkusnya dengan pancake seperti risoles (tak perlu dipanir dan digoreng, dinginkan dalam chiller sebelum dihidangkan).

ingin layer pancake yang agak berat? ganti lapisan coklat dan vla dengan mashed ubi ungu, itu juga enak. kukus ubi ungu, dalam keadaan panas segera dihaluskan. kemudian kamu tuang dengan mentega asin yang dicairkan, sedikit gula pasir, dan susu untuk membuat adonan mashed ubi ungu itu kalis..rasa yang kamu dapatkan adalah manis dan gurih. kemudian tuang di atas pancake mu layer by layer. .dan hias sesuai selera, dengan keju atau kacang pistachio cincang yang dioven sebentar bersama brown sugar,mentega cair dan sedikit sekali tepung terigu – itu adalah crumble yang lezatt..taburkan di atas layer pancake mu .. amazingly delish !!

ini pancake dengan isi vla jeruk - sertakan lemon zezt-nya supaya ada sensasi pahit jeruk di dalam vla, jelly, dan mangga indramayu yang kesat berserat...disantap dingin cihuyy banget.

membuat risoles pun menggunakan adonan pancake, kamu bisa melipatnya bentuk lonjong atau segitiga seperti bentuk samosa. isiannya pun beragam. risoles ragout adalah risoles andalanku, sebab aku dapat berkreasi dengan ragout yang aku bikin sendiri. mulai dari ragout sayuran cacah dengan daging giling dan oregano. ragout krim jamur dengan bayam cacah dan keju. ragout ayam jamur. atau yang dua tahun lalu booming, mayo keju telur ham. menggoreng risoles berisikan ragout mesti hati-hati, sebab adonan pengisinya basah dan akan membikin kulit risoles mudah pecah ketika digoreng. untuk mengatasinya, biasanya saat mendadar, aku membikin bagian ujung risoles yang nantinya akan diisi lebih tebal ketimbang bagian yang lain.

bayangkan pancake berbentuk bulat, kemudian bayangkan kamu menarik garis tengah pada bulatan tersebut, maka kita akan melihat sisi atas dan bawah. pada sisi bawah, aku sengaja menebalkan adonannya, dan membikinnya tipis di atas. supaya ketika kuisi dengan isian ragout dan digulung, tidak terlalu tebak ketika dibungkus, tapi tidak meletup pecah ketika digoreng. tips yang lain, isikan isian ragout ke dalam kulit pancake dalam keadaan beku, sehingga mudah bagimu untuk menyendoknya ke atas pancake.

untuk pancake asin, aku suka menambahkan irisan halus daun bawang, atau seledri, atau jintan bubuk. bisa juga kamu tambahkan bubuk safron atau kunyit untuk memunculkan warna kuning.kamu dapat mengisinya dengan cream keju garlic blackpaper kemudian menggulungnya.

buat tumisan daging / ayam / udang yang enak sesuai dengan seleramu, bisa kamu tambahkan jamur,paprika,bawang bombay, wortel dalam tumisan tersebut. mau ala italia tinggal kamu tambahkan herbs oregano,thyme,rosemary kemudian campur dengan mayonaise kesukaanmu. mau ala india kamu tambahkan bubuk kari,atau jintan dan garlic, campur dengan plain yougurt dan acar tomat ketimun bawang bombay.
kamu bisa berkreasi dengan apapun yang menjadi seleramu, ham dengan coleslaw, salad sayur dengan udang tumis, anything savory, well terbayang d’crepes kan, membuatnya di rumah mudah sekali, dengan varian isi yang buanyakk dan sangat dirimu.

tambahkan happytos untuk melengkapi kriuk-kriuknya 

apa lagi yaa... oh ya, aku juga suka bikin caneloni. aku masukkan isian tumisan bayam atau brokoli dengan cacahan daging ayam atau udang yang sudah dimasak, gulung dengan pancake, susun dalam pinggang, tuang dengan saus bechamel atau bolognaise, panggang sebentar dan itu akan menjadi makanan yang enak.

selamat berkreasi dengan pancake-mu teman... bikin kejutan ringan buat orang-orang terkasih.

tentu kalau mau, kamu boleh mampir ke sini, kita yang berbagi minat yang sama :) http://wuntasanggili.blogspot.com/2013/06/take-love.html 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar