Rabu, 26 Desember 2012

terimakasih banyak anthropologie..


saya berhutang terimakasih kepada anthropologie dan gak tahu kapan lunasnya. perkenalan saya dengan anthropologie terjadi tak sengaja. dulu saya ingin kuliah jurusan anthropologie tetapi dilarang ibu. akhirnya saya memilih kuliah jurnalistik. dua tahun lalu iseng-iseng saya ketik anthropologie di google karena penasaran dengan keping emas yang di temukan di lautan indonesia, eh ndelalah tak sengaja mampir di website anthropologie, saya jadi jatuh cinta sejak saat itu.  

anthropologie memiliki desain-desain yang menginspirasi saya untuk menentukan desain refashion.  dan inilah beberapa di antara desain mereka yang saya suka banget. 

 
saya sering sekali mengerjakan refashion dengan desain seperti ini. mudah soalnya.
ganti bagian depan kaos dengan kain sesuai seleramu kemudian beri list di leher. 
kamu bisa bikin sweatshirt model ini dengan t-shirt biasa atau raglan. dan tentu saja, kaos yang kamu gunakan gak harus lengan panjang, kamu bisa cari t shirt dengan lengan sepanjang siku atau panjang lengan setengah siku, sesukamu lah..
 
cari kain yang sesuai seleramu dan tempel pada bagian depan kaos. kamu bisa gunakan broklat, silk jepang, atau kain apapun yang kamu rasa cocok untuk kepribadianmu. tempelkan di kaos polos.

bisa juga kamu gunakan metode patchwork – dengan menyambung-nyambung kain perca. nah untuk ide patchwork dan quilting, kamu bisa sambangi channel di youtube missouri star quilt company, mereka kasih tutorial yang mudah untuk beraneka macam teknik quilting dan patchwork. kalau kamu suka patchwork, kamu akan ketagihan dan makin kreatif menciptakan patchwork yang sesuai dengan seleramu. 

beberapa waktu lalu saya beli t-shirt putih polos setengah lusin, karena harganya terjangkau, 33ribu sebuah untuk ukuran tubuh saya yang plus size. kemudian saya beli broklat dan silk jepang yang transparan, saya tempel di bagian muka kaos, harga semeternya 20ribuan. setelahnya saya berkreasi membentuk lengan yang baru sekaligus berkreasi cutting leher. 

hasil jadinya seperti shirt blouse yang dijual seharga seratus limapuluh ribu ke atas, padahal modal saya bikin cuma enampuluhribu. sungguh lumayan.  kalau ukuran tubuhmu m atau l, harga kaos polosnya tujuhbelas-duapuluhrima ribu, sementara broklat / silk jepang yang diperlukan cuma setengah meter. dengan modal tigapuluhlima ribu, sudah punya satu shirt blouse yang keren.

nah..kalau punya t-shirt atau poloshirt nganggur di rumah, asik banget lho berkreasi macam begini.


ini juga favorit saya. desain ini cantik banget, simpel, tapi keren di mata saya. 
kita bisa bikin muacem-muacem kaos baru dari kain dan kaos yang  sudah kita miliki. bongkar lemari dan temukan harta karun yukk..baju-baju lawas yang bisa direfashion. biasanya saya cari 3 kaos lawas untuk direfashion jadi 1 kaos baru. saya harus mengakui ibu benar ketika dulu memberitahu saya supaya jangan serampangan membeli baju, mahal sedikit tak apa tapi awet sampai bertahun-tahun. untuk bikin pakaian awet tentu harus diperhatikan juga cara mencuci dan menyetrikanya. 

karena ada banyak baju yang masih sangat layak pakai tapi telah tampak membosankan, akhirnya pilihan refashion adalah ideal bagi saya. selain merawat pakaian, kita juga ikut andil dalam menjaga bumi.

untuk bikin desain ini kamu tentu gak harus teplek plek cari kain broklat untuk dibuat lengan, kaos polos dan kaos stripe untuk membuat badan kaos seperti tampak pada contoh.

waktu pertama kali lihat saya langsung jatuh cinta, karena dari satu contoh ini saya bisa mengkreasikan macam-macam shirt blouse, dari beraneka rupa motif kain, warna, dan jenis kain. 
yang penting cutting-nya seperti ini. pokoknya ada seribu satu ide berlesatan dalam kepala.

misalkan : lengan lace-nya diganti motif kembang, bagian stripe-nya justru dari broklat/lace, dan bagian polosnya dipertahankan polos. atau sebaliknya : bagian polosnya bermotif, bagian stripe menjadi lace, dan bagian lace menjadi polos. atau bagian polosnya menggunakan metode patchwork-quilting, bagian stripe diganti motif polos, lengannya broklat..atau..hmm masih banyak banget atau atau yang lain.


nah..sudah tahu mau bikin apa fellas? pasti hasilnya bagus !!




simpel, sederhana, cantik. ini yang saya sukai dari desain kaos ini. kamu si penggila patchwork bakalan suka model ini, bentuknya yang seolah ngasal itu bikin acara quilting malah jadi seru. perhatikan gambar sweatshirt paling kiri ya, mereka punya garis jahitan pada pola segitiga itu kan...nah itu maksud saya. kita bisa kombinasikan aneka macam motif, warna dan jenis kain untuk membikin sebuah blouse yang unik.

misalkan kamu pengen blouse-mu satu warna, tapi kamu menggunakan tiga jenis kain dalam satu warna, warna biru misalnya. kamu bisa cari kain polos warna biru donker, lace warna biru pastel, kain bermotif dengan latar warna serupa. potong-potong segitiga dan jahit seperti contoh, itu akan menghasilkan blouse yang keren. 

kamu juga bisa main-main dengan color block, dengan aneka macam kain, aneka warna. 

asik banget mikirin baju kita mau diapain, kalau kamu hobi ngejahit dan punya selera yang sama dengan anthropologie..wahh..saya yakin kamu bakal asik.


 
cantiknyaaa...jempol deh. metode patchwork quilting yang mereka bikin, campuran motif, jenis kain, warna dengan tone satu level, dan terutama cara meletakkan potongan-potongan perca itu..perhatiin deh.. matematika banget, hihihii..sekarang sudah ada ide kan, mau ngapain dengan kaos lawasmu.. jangan buru-buru dibuang ya..bisa direfashion. kamu juga gak mesti bikin patchwork dengan warna satu tone. pokoknya pikirin out of the box deh mau ngapain dengan patchwork mu, karena itu seru banget.

nah pada gambar yang kedua, warnanya dimata saya hidup banget, menggabung kain stripe horizontal dengan broklat. kamu tentu saja bisa bikin ‘patchwork serampangan dengan warna tabrakan sebagai dasar , kemudian dipadu dengan lace putih atau warna lain yang membikin warnanya beradu serta kontras.

ayooo..sediain waktu buat refashion 


jangan buang kain percamu...masih bisa dibikin sesuatu yang seru..karena saya suka sekali patchwork – quilting (ngomong-ngomong susah-susah gampang lho ngatur warna untuk bikin patchwork) maka saya suka sekali dua contoh pakaian ini. saran saya kalau kamu ngerjain blouse patchwork cari pattern dulu ya, banyak kok di internet, buka saja burda style, nanti dapat banyak inspirasi deh.. jangan lupa beri furing pada bagian kain patchwork supaya blousemu lebih nyaman digunakan. 

tapi kalau patchwork yang kamu kerjakan gak pakai pola dan langsung asal jahit, sebaiknya didobeli dengan furing kemudian dijahit tindes, jadi kain patchworkmu menyatu dengan furing, tujuannya supaya ketika dicuci gosok gak lepas kain-kain percamu.

yang paling saya sukai dari anthropologie, mereka gak hanya desain tampilan muka pakaian, tapi juga tampilan belakang. kamu tentu bisa bikin patchwork dari kaos-kaos bekas untuk jadi 1 cardigan baru. mudah-mudahan kamu juga terinsipirasi ya, seperti mereka menginspirasi sayaa.. saya nemuin banyak sekali kesenangan dan hati gembira ketika mendesain pakaian refashion dengan ‘kain seadanya’ di rumah dengan kaos-kaos lawas.. itu asik sekali. 

kenapa?
 soalnya padu padan warna dan gaya dengan kain seadanya di rumah itu gak gampang lho. nah setelah pengalamanan setahun ini saya jadi makin terampil. saya sortir dulu baju-baju lawas saya. yang terbaik saya sisihkan dan saya sengaja modal beli kain untuk refashion. hasil jadinya betul-betul gak mengecewakan karena dari 1 pakaian lawas bertransformasi menjadi satu pakaian baru yang masih bisa saya kenakan selama bertahun-tahun ke depan bila saya merawatnya dengan baik.  

gak takut ketinggalan mode? enggak sih, bikin saja yang basic dan pintar-pintar mix and match. baju sekali lagi bisa dibeli, tapi gaya.. hmm cuma kamu yang punya... kenali dirimu baik-baik ya...nantinya kamu akan ngerti mana yang paling sesuai dengan kepribadianmu. gudluck !!




bagi saya ini tetep patchwork.. paduan warnanya beradu banget...tentu saja kita bisa menggunakan macam-macam motif untuk membuat pakaian model ini, mencampur jenis kain dan motif, kemudian menambahkan aneka aplikasi untuk membikin blouse kita lebih personalized. biar lebih kelihatan mewah pada bagian dada depan juga bisa dipasang renda, payet atau batu-batuan...



saya suka banget contoh pakaian ini....keren seabis-abisnya, dan saya sering banget refashion model begini. dari kemeja yang telah sempit dibongkar ulang. bagian lengannya dibesarkan dengan mencampur dua jenis bahan seperti pada gambar. 

nah untuk melebarkan tubuh, maka pada bagian samping kiri kanan, juga saya tambahkan lace warna senada sehingga sesuai dengan ukuran tubuh saat ini. 

nah, coba bongkar lemari, mungkin ada pakaian bapak atau saudara laki-lakimu yang boleh kamu ambil. kamu bisa berkreasi seluas-luasnya dengan dua tone macam ini.

misalkan, kamu bisa bikin kemeja biru denim-mu dicampur dengan batik mega mendung warna merah, orange, kuning dan sebaliknya, batik mega mendung dengan denim biru-mu. ahh..tanpa perlu menerangkan panjang lebar saya yakin kamu akan asik memadupadankan warna dan jenis kain..

rasanya personal banget mengenakan pakaian orang yang berarti dalam hidupmu, kamu seperti dipeluk dan merasa aman. itu sih yang saya rasakan kalau saya pakai pakaian bapak yang telah saya refashion, seperti ada sengatan energi untuk memulai hari. karena ada kenangan di dalamnya. 


cantik yaa .. jangan buang dulu kemeja sekolahmu.. atau kemeja yang kamu sudah bosen. buang saja bagian belakangnya dan ganti dengan kain baru. kamu tentu saja bisa bikin dengan kain warna senada, atau yang kontras sekalian. kamu juga bisa campurin aneka warna broklat dan aneka warna furing. broklat hitam dan broken white selalu jadi andalan saya karena dua jenis warna ini dipadukan dengan apapun warna furing tetep cocok dan cantik. 

dan jangan remehkan patchwork, kalau kamu suka patchwork, ayo jahitkan hasil kreasimu, pakai furing bila perlu dan jahit tindes.. jangan lupa disekeng belakang untuk membentuk tubuh...  seru banget yaaa 




saya gak perlu kasih keterangan lagi, saya yakin kamu sudah paham,  ayo obrak abrik cardigan / sweater lawasmu, dan bikin seperti ini.  

kamu bisa tambahkan ruffle dibawah cardiganmu. ruffle yang rame banget atau ruffle yang rapi berdempetan, dan jadi deh cardigan peplum yang asik.. Pokoknya berkreasilah dengan baju lawasmu… 

merefashion cardigan gak harus dari cardigan memang, kamu bisa pakai kaos lawas atau sweater yang digunting ditengah, dipola leher den bikin lobang kancing, kalau gak suka kancing juga bisa pakai kancing kait dan tali temali...sesukamu deh..sesuai seleramu




mereka niat banget desain tampak depan dan tampak belakang.. dari satu contoh baju saja kita sudah bisa merancang-rancang mau ngapain dengan pakaian lawas kita.  
ngomong-ngomong karena saya suka sekali colorblock, pakaian refashion saya ya modelnya mirip-mirip begini.

kalau kamu suka gunting menggunting..hmm saya yakin kamu bakal asik, mengobrak-abrik lemari mu dan mendesain pakaianmu sendiri, menemukan kombinasi yang unik dari setiap rancangan pakaian yang kamu bikin..

dan pastinya gak ada yang nyamain pakaianmu... gimana mau sama..wong gak dijual di toko manapun. hasil kreasimu sendiri... bener-bener kamu.... 

keren kan...

selamat berkreasi..

dan selamat mengunjungi anthropologie, mereka gak cuma jual pakaian aja...saya juga terkesima dengan beragam aksesoris dan peralatan dapur...

btw, sayang kalau gunting-gunting baju dari lemari? kalau kamu tinggal di jakarta, main-mainlah ke pasar baju bekas senen, dijamin bakal nemu banyak hartakarun. cek baju yang hendak kamu beli dengan teliti. pastikan kualitas kainnya baik dan masih kuat. soalnya percuma ngerjain refashion kalau baru dipakai 2 kali sudah rusak.

dan jangan malu datengin satu demi satu toko di mayestik, mereka suka obral kain sepuluhribuan lho.. sekalian latihan jahit, dapet baju-baju baru.. 

gak ada salahnya kan punya keterampilan menjahit. kamu bisa menghemat banyak. sungguh menghemat banyak. uangmu bisa ditabung untuk hal menyenangkan lain...karena bisa jahit baju sendiri.

kalau beli kain cek berapa lebarnya ya... soalnya ada kain yang lebarnya 90 cm, 115cm dan 150 cm. lebarnya kain mempengaruhi jumlah panjang kain yang harus kamu beli. 

have fun fellas

berkah dalem.

ssstt.. kalau kamu suka tulisan ini, enggak ada salahnya lho mampir ke sini...http://rensimanda.blogspot.com/search?q=desigual silakan menjelajah blog refashion yang saya buat dengan sahabat saya amanda, semoga ketularan suka refashion jugaa !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar