Jumat, 21 Desember 2012

telur dadar


bukan promo, tapi snack maker ini bikin aneka masakan telur dadar jadi mudah :) semoga kamu ngalamin asiknya berkreasi dengan dadar telur-mu my dear fellas.. berkah dalem

siapa yang gak pernah makan nasi anget, telur dadar dan kecap? gak pernah ??!! katrok aahh... gak uhhuyy deh..

duaminggu ini saya sakit tipes. dan saya baru tahu kalau tipes itu mirip yoyo, tarik ulur. kadang saya merasa sehat, eh besok lemes lagi,sakit lagi. masalahnya saya ini perempuan yang petakilan banget, bahkan di rumah sendiri,apa aja saya kerjain. kalau gak ada lagi yang bisa saya kerjain saya bongkar lemari baju, ngelipetin sampai ruuaaapppiii banget, sampai ibu saya terkagum-kagum dibuatnya – gak ada lipatan yang gak sama, gak ada kerut. ellen kalau lagi tidur di rumah suka tanya – sambil jengkel kayaknya karena saya mengulangi lipatan baju yang sudah disetrika mbak semi : ren, buset deh, kenapa lo bongkar lagi? yang saya jawab dengan : gw gak suka ngeliat lipatan gak simetris dan gak sama panjang lebarnya.

karena tipes itu macem yoyo, ibu saya pun makin bawel, tapi mana bisa saya istirahat total, yang ada masih ribet pengen pasang pohon natal – yang akhirnya ngejogrok satu setengah hari karena saya gak kuat masangnya. ibu sibuk dengan rapotan di sekolah dan bapak gak ngurusin hal macem ini, masang pohon natal. akhirnya pohon natal itu dipasang ibu. umurnya lebih tua dari saya, lebih dari 26 tahun dan tiap tahun selalu ngejogrok di sudut ruang tamu. waktu choki kecil, dia heboh banget bingung ada benda baru di dekat kursi tempat favorit dia tidur. dijenggongin terus itu pohon natal sampai dia terkencing-kencing karena si pohon diam bergeming. kasihan choki, dia pasti ngelihat orang yang bukan tuannya besar banget, pengen diusir tapi gak bisa karena gak takut sama dia, apalagi anjing buta warna, duhh kasian betul kamu nak !! kemarin ibu sibuk pasang pohon natal, tebak donk choki ngapain, ngerusakin bola-bola natal donk..ikut euphoria christmas rupanya dia.

btw, karena saya sakit, jadi di rumah bapak masak seadanya, sesukanya dia selera dia, which is cuma dia yang  makan, dan saya kaliren, ngeselin betul-betul. jadi duaminggu ini tiap hari ibu beli makanan di luar karena gak sempet lagi masak saking capeknya. dua hari ini saya makan telur dadar dari warungnya bu atiek, tetangga saya yang jualan lauk dan sayur tiap sore hingga malam. 

itu tentu saja bukan telur dadar favorit saya, terlalu banyak putih telurnya (memang ada sih di pasar, orang yang menjual putih telur saja baik yang belum atau sudah dikukus), terlalu matang dan isinya hanya daun bawang serta lada. okayy rens, what do you expect deh..itu kan makanan warung. ahhh..saya juga ingat telur dadar di warteg kampus, lebih parah, bukan kebanyakan putih telur, tapi kebanyakan tepung..sialan banget gak tuh, makan tepung. juga telur dadar campur tahu yang sering kita jumpai di kedai masakan padang pinggir jalan.

gara-gara telur dadar itu saya jadi ingat pernah mencatat resep-resep telur dadar. telur dadar adalah makanan paling gampang dan praktis yang sering saya buat. rencananya mau saya posting di youtube, tapi selalu gak ada waktu untuk mengerjakannya. jadi sekarang saya pikir, saya bagi saja di sini, barangkali berguna. 

bapak suka telur dadar yang garing matang kecoklatan, saya benci banget. saya suka telur dadar yang lembut karena tak dimasak lama-lama. 

gimana kamu makan telur dadarmu? dengan kecap, saos tomat, saos sambal, saos okonomiyaki? 

saya suka telur dadar simpel dan telur dadar ribet. disiram saos simpel atau saos ribet..pokoknya saya suka telur dadar.

omurice dengan acar tomat bawang, stuffed beancurd aka tahu isi hehehe dan chicken karage. untuk nasinya, saya tumis dengan butter rajangan jamur shitake, wortel, daun bawang, jahe, bawang putih, lada, saos hoisin, garam dan gula pasir secukupnya. . ketika matang segera campur dengan nasi hangat.

tiba-tiba saya teringat pedagang telur dadar keliling dengan pikulan, jaman saya kecil. mereka pasti gak tahu takoyaki, tapi mereka punya wajannya, bulat-bulat kecil. itu lho..pedagang keliling yang jualan telur dadar, dengan rajangan daun bawang, air dan tepung itu. setelah matang digejrot dengan saos cabe murahan berpewarna tekstil. sedih ngebayanginnya..baiklah lupakan..fokus kita adalah membikin telur dadar yang lezat dan sehat.

and here we goes, resep telur dadar, hasil ngutak-ngatik selama bertahun-tahun yang saya bagi gratis..tiss..baiknya saya..(apaan deh) yang mudah-mudahan berguna. umm btw, seandainya kamu punya wajan kue lumpur – yang bentuknya bulat-bulat kecil itu lho, seru banget goreng telur dadarmu di sana, bentuknya jadi bundar-bundar yang apik. 

oh ya foto-foto makanannya menyusul ya..saya masih kurang fit soalnya, belum bisa masak-masak.

kamu suka jamur? telur dadar isi jamur itu enak banget lho... siapkan semangkuk rajangan jamur tiram,tumis dengan ulekan bawang putih, ketumbar, cabe rawit, garam. masak hingga matang, tuang di atas kopyokan telur, aduk rata dan goreng deh.  tadinya saya gak tahu kalau kombinasi jamur tiram dengan ketumbar itu menghasilkan citarasa yang enak, lee ngasih tau saya (dia chef dan tentu aja dia bener, enak banget). 

tumisan jamur tiram ini juga bisa kamu tambahkan dengan cincangan daging ayam atau udang. tambahkan bawang putih agak banyak dan jahe. tumis dagingnya duluan ya dan beri garam, baru kemudian jamurnya. kalau numis udang, jangan lama-lama,nanti citarasanya berubah. tuang tumisan ayam/udang jamur ke kopyokan telur.  telur dadar ini cocok dimakan dengan sambal pecel kacang, sambal ijo, atau sambal balado.

hati-hati membumbui jamur ya, mereka absorb banget, menyerap bumbu banget..mendingan gak terlalu asin ketimbang keasinan. karenanya tumis jamur duluan biar bisa dicek (diicip) rasanya. 

selain jamur tiram, saya suka tumisan jamur kancing/merang/shitake. dalam kopyokan telur yang siap didadar, beri susu cair supaya rasanya legit. tumis daging giling atau rajangan sosis dengan ulekan bawang putih, oregano kering, irisan jamur dan garam. tuang diatas kopyokan telur, siap untuk didadar. telur dadar ini cocok dimakan dengan saus gravy atau saus tartar.

nah kalau suka sayur mayur, dadar isi sayuran itu juga enak banget. biasanya saya merajang halus kol, wortel, kapri, seledri, daun bawang. saya tambahkan ulekan cabe rawit, bawang putih dan bawang merah. campur dalam kopyokan telur, siap di dadar. biar lebih sip biasanya saya tambahkan minyak wijen, rasanya jadi oriental. 

kamu juga bisa tambahkan tahu putih yang dihancurkan, rajangan sayuran dan ulekan bumbu ke dalam kopyokan telur, siap deh didadar. untuk telur dadar ini biasanya saya makan dengan saos kecap, ada rajangan tomat,bawang merah,cabe rawit dan perasan jeruk limo. seger banget.atau kamu bisa cemplungkan dadar model begini ke dalam kuah cuko, dengan rajangan daun jeruk yang banyak..itu seger banget.

rajangan sayur mayur itu, kalau kamu tambahkan rajangan/ulekan udang atau kepiting, ulekan bawang putih dan merica (tanpa bawang merah) tambahkan minyak wijen, sudah jadi adonan fuyung hai yang juara. saos yang cocok untuk melengkapi fuyung hai ini adalah saos asam manis dengan nanas,kacang polong, bawang bombay dan wortel potongan juliette, wuihhh nampol !!

gak suka udang atau kepiting tapi suka saos asam manis? gampang...ganti saja udang atau kepiting dengan kornet. rasanya juga enak banget...rajangan sayuran itu juga bisa ditambah tumisan jamur. pokoknya kamu bisa berkreasi sesukanya dengan kopyokan telur untuk bikin telur dadar favoritmu.

gimana dengan tahu dan tempe?

saya suka bikin tahu telur karena simpel dan enak banget. potong-potong tahu cina (yang terbuat dari kacang ijo) bumbui garam dan goreng dalam minyak panas asal berkulit (gak perlu lama-lama). tuang ke dalam kopyokan telur dan goreng kembali. (saya suka menambahkan sedikit minyak wijen, daun bawang dan seledri ke dalam kopyokan telur). kalau suka tabur dengan teri goreng. tahu telur enak banget dimakan dengan sambel pecel kacang, saos kecap, atau bumbu petis.

belum pernah makan tempe di dalam telur dadar? gak ada salahnya mencoba. tumis daging giling dengan bawang putih dan daun bawang hingga harum, masukkan tempe parut (betul, tempe-nya diparut atau dirajang halus sekali), beri bumbu rendang instant – indofood atau sajiku atau bamboo, tuang dengan air/santan dan masak hingga bumbu asat. tuang tumisan ini ke dalam kopyokan telur, siap didadar. nah kalau dadar begini, gak usah pakai saos apapun rasanya udah enaaakk banget.. oya daging gilingnya bisa diabaikan. tempe bumbu rendang itu enak lho..

yuk bikin telur dadar tofu. rajang halus bawang bombay dan daun bawang, tambahkan parutan wortel dan tofu lumat. tuang ke dalam kopyokan telur, beri minyak wijen sedikit,siap didadar. ini enak banget, sensasinya lembut kinyil-kinyil.. gak suka tofu? ganti saja dengan rajangan sosis, tambahkan keju parut dan hilangkan daun bawang serta minyak wijen, jadi deh telur dadar yang enak. 

apa lagi kombinasi sayuran yang enak bersanding dengan keju? bayam donk..serius lho enak..baik bayam hijau dan merah dan tentu saja jamur (biasanya saya pakai shitake). rajang bayam hingga halus, masukkan irisan jamur shitake dan rebus dalam larutan susu, beri kaldu instant, lada, saos tiram.rebus hingga air habis. setelah matang tuang ke dalam kopyokan telur dan parutan keju (kalau pakai mozarella parut lebih seru !!) adonan siap didadar.

apalagi yang cocok sama keju? kornet donk..sepele banget ngerjainnya. campur saja kornet, parutan wortel, rajangan bawang bombay, keju parut, oregano, sedikit susu cair ke dalam kopyokan telur. siap deh didadar. kornet nya kan sudah asin, begitu pula kejunya, hati-hati menggunakan garam yaa..saos yang cocok dengan dadar kornet keju? umm saus tartar donk, mayonaise mustard, atau hikory barbeque..itu enakk..

apa lagi yang cocok dengan keju dan kornet? mie rebus donk. campur mie rebus yang sudah digunting-gunting (biar nanti mudah makannya) dengan keju parut, kornet, parutan wortel, rajangan daun bawang,ulekan bawang putih dan merica..siap deh didadar.

karena saya suka sekali seledri dan gak mau telur dadar mie yang maghtegh..biasanya isian yang saya suka adalah parutan wortel, rajangan seledri, ulekan cabe rawit bawang putih, mie rebus dan tentu saja kopyokan telur. ahh..kamu tentu saja bisa tambahkan tumisan jamur kalau mau. telur dadar begini, dicocol dengan sambal belibis yang pedes bener itu, enak banget lho..simpel dan enak. karena sudah ada karbohidrat di dalamnya, gak perlu makan karbohidrat yang lain. ini cocok banget buat sarapan dan bekal bepergian (buat saya sih). 

makin lama kamu merebus mie-nya,makin lembut nanti telur dadarnya. saya juga pernah ganti mie jadi bihun dan soun, tapi hasilnya keras gak bisa lembut, sementara ketika saya ganti kwetiaw malah benyek. jadi buat saya, tetep masih enak bikin dengan mie telur. 

telur dadar gulung..mirip deh sama sushi roll .. tapi ini isinya gak sepert sushi tei. campur nasi dengan cuka dan gula, tambahkan mayo, tuna kalengan, cincangan halus daun bawang, parutan wortel dan tomat. padatkan dan gulung.. selamat berkreasi dengat telur dadarmu !!

Gimana dengan rebung? Apa bisa didadar? Kenapa gak bisa? Pilih rebung yang belum dipotong-potong ya, yang warnanya coklat dan bau kecut. Karena banyak pedagang nakal, mengiris rebung dan merendamnya dalam pemutih.setelah rebung dirajang, remas-remas dengan satu sendok makan gula pasir untuk menghilangkan pahit, kemudian cuci bersih dan tiriskan. Rebus rebung dengan satu sendok garam dan satu sendok makan gula pasir hingga mendidih, tujuannya supaya rebung sudah memiliki rasa. Tiriskan rebung dan remas hingga airnya netes semua. Rebung siap digunakan.

Tumis rebung dengan bumbu hoisin atau saus tiram. Tapi favorit saya adalah tumisan ebi bawang putih. Rendam ebi dalam air panas, setelah mengembang, ulek dengan bawang putih dan lada. Tumis bumbu masukkan daging giling,beri garam dan gula, masukkan rebung rebus, parutan wortel dan daun bawang. Tumisan ini tentu saja dituang ke dalam kopyokan telur. Siap didadar.. enak banget lho dadar rebung itu…daging gilingnya juga bisa diabaikan..dan perbanyak rebungnya. 

gimana dengan ikan, apa bisa didadar? kenapa gak bisa. kalau mau kamu bisa tumis suwiran daging ikan, baik yang segar atau yang sudah dipindang. misalkan tongkol, tuna, salem, sardine. biasanya saya tumis dengan ulekan bawang putih,jahe, cabe rawit. saya juga rajang halus sereh dan daun jeruk yang banyak. tumisan daging ikan tentu saja dituang ke dalam kopyokan telur, siap didadar. telur model begini cocok banget dimakan dengan sambel kacang, sambel ijo dan sambal balado.

bagaimana dengan kerang? ya bisa aja...rebus saja kerang sampai matang kemudian rajang-rajang kasar dan tumis sebentar dengan bumbu rendang, rajangan halus sereh dan daun jeruk. tuang di atas kopyokan telur. siap deh didadar.

nah..gimana, dapet ide untuk bikin telur dadar? 

semoga berguna dan bermanfaat ya..telur dadar gak harus tanpa isi, ada juga macam-macam saos dan sambal yang cocok sebagai pelengkap makan yang nikmat. 

selamat berkreasi dengan telur dadarmu.

berkah dalem. 

oya, boleh mampir ke sini juga .. berbagi minat yang sama ... http://wuntasanggili.blogspot.com/2013/06/take-love.html


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar