Selasa, 24 April 2012

i'm happy doing refashion (2)

pada halaman ini, saya mau pamer sedikit, hasil refashion yang sudah saya kerjakan selama beberapa bulan terakhir. refashion yang saya lakukan betul-betul dari mengobrak-abrik lemari dan berusaha mencari pakaian-pakaian yang masih layak pakai untuk didaur ulang kembali. apabila menggunakan tambahan kain, saya pun tidak sengaja mencarinya, melainkan mencari apa yang ada di rumah. pokoknya memanfaatkan secara maksimal apa yang masih bisa diselamatkan.

silahkan baca tulisan dan alasan saya melakukan refashion di blog ini, dengan titel Refashion. 

semoga menjadi inspirasi.... terimakasih sudah mampir ke blog ini...



tadinya ini kaos disney yang sudah rusak. gambarnya digunting dan ditempel di kaos polos warna krem. karena kaosnya terlalu pendek, maka bagian leher dan bawah badan saya tambahkan kain warna abu-abu.

tadinya ini kaos disney yang sempit. kemudian gambarnya saya gunting dan tempel di kaos polos warna hijau. kaos bagian bawah saya gunting untuk membikin panjang lengan. kemudian dari kaos disney saya ambil untuk ditempel di bawah kaos hijau.


tadinya ini kaos yang sempit. kemudian dilebarkan dan  saya buat lengan baru. sekarang kaos ini nyaman dikenakan.

ini bekas kemeja levis bapak warna putih. kemudian dikecilkan dan disesuaikan bentuk tubuh. setelah itu saya warnai dengan wanteks, 2 coklat dan 1 merah. saya tidak merebusnya. melainkan, kemeja itu saya rendam air kemudian saya peras, saya larutkan 3 bungkus pemarna, tuang dalam ember berisi air mendidih. (ketinggian air kurang lebih 1 cm di atas baju) lalu secara berkala saya bolak-balik biar gak belang. setelah 4 hari direndam, jadinya seperti ini. bahkan benang putih dari jahitan levis-nya gak ikut kelunturan. kereenn !!

tadinya ini adalah kemeja bapak. kemudian saya gunting bagian bawah dan buang kerahnya. sekarang menjadi outter yang cocok buat saya kenakan. 

tadinya ini adalah vest merk avenue. supaya ringkes dikenakan, saya menambahkan lengan. sekarang ini adalah blouse yang nyaman saya kenakan.

tadinya ini adalah sweatshirt polos warna biru pastel. saya suka sekali tapi bosan karena lengannya pendek, sehingga tidak ringkes dikenakan karena pasti saya tambahkan kardigan untuk membikin outfit saya terlihat nyaman. kemudian saya ambill daster ibu yang sudah tidak ia gunakan dan saya jadikan lengan. untuk bagian tengah, dengan teknik quilt saya jahit pola bujur sangkar dari warna pink dan broken white. bagian leher dan lengan bawah juga ditambahkan aplikasi. 

tadinya ini bekas piyama. tapi bahannya masih bagus. kemudian bagian lengan diganti dengan kain hitam.

tadinya ini adalah blouse lengan panjang  milik ibu tapi sempit. kemudian lengannya digunakan untuk memperlebar bagaian badan. dan lengannya diganti dengan kain hitam, dengan tambahan aplikasi bahan sisa blouse.

tadinya ini adalah sebuah blouse polos tanpa kerah dari bahan silk. sudah sempit, jadi saya refashion supaya muat lagi, karena bahannya masih sangat bagus. lengannya saya ganti dan saya beri aplikasi pada bagian depan. ini ngerjainnya jodoh banget, karena warna hijau blouse ini susah dicari padanannya, jadi ketika ketemu bahan yang senada untuk membuat lengan saya bersorak : Haasseekkk !!! 


tadinya ini adalah sebuah kaos yang sempit. tapi saya suka warnanya. dari 2 buah kaos warna hijau dan stripe orange saya membentuk bagian badan. kemudian untuk lengan, saya mencampur kain hitam dan lengan dari kaos reebok yang juga saya refashion. hasilnya adalah kaos ini. 


tadinya ini adalah kaos polos merk esprit yang kelunturan pemutih. kemudian saya beri perca-perca di tempat yang kelunturan. bagian leher saya beri aplikasi wiru. bagian lengan dan bawah kaos saya panjangkan dengan kain warna senada. sekarang kaos ini nyaman lagi untuk dikenakan. 






tadinya ini adalah kaos polos hitam yang sempit dan lusuh. kemudian saya lebarkan dan lengan saya ganti dengan kain kembang-kembang. bagian depan bekas merk saya tempel dengan kain senada.

ini adalah kaos reebok warna orange yang sempit. sekarang ini adalah kardigan syal yang saya sukai. saya tambahkan kain untuk membuat lengan dan syal di bagian depan. sementara itu, lengan dari kaos reebok ini, saya gunakan untuk refashion kaos yang lain. saya betul-betul tak suka menyia-nyiakan apapun dan membikin sengaja terbuang.


tadinya ini adalah sebuah kaos polo yang sudah sempit. saya memutuskan untuk membuat model kardigan syal. kain yang saya gunakan disini juga saya gunakan untuk refashion kaos orange reebok. saya cuku beruntung, kain ini dijual cukup murah, toko kainnya sedang obral. bagian lengan bawahnya saya bikin ruffle kecil supaya tidak sama dengan model kaos orange reebok.




tadinya ini adalah 3 kaos yang sempit, 2 kaos polos warna coklat dan krem, dan satu kaos stripe. kemudian saya refashion, gunting sana sini, bentuk badan baru, kemudian bentuk lengan baru, dan beri aplikasi dibawah lengan. sekarang menjadi 1 kaos yang nyaman dikenakan.


tadinya ini adalah kaos doraemon yang sempit. kemudian saya refashion, bagian samping saya lebarkan dengan bahan pembuat lengan. sekarang baju ini nyaman dikenakan.

tadinya blouse vintage, tapi lengannya kesundut rokok. kemudian diganti dengan lengan baru.

tadinya polo shirt dengan lengan pendek. kemudian lengannya diganti dengan kain kuning kembang dengan aplikasi serut.


tadinya ini kaos you can see warna ungu tapi sempit. kemudian saya lebarkan dan lengan saya ganti dengan bahan coklat. dibagian bawah lengan saya beri aplikasi dari sisa kaos ungu.

tadinya ini adalah kaos merah polos yangs udah sempit. saya pertahankan karena warna merahnya menarik. kemudian saya refashion dengan broklat merah yang dicampur dengan furing kuning. bagian lengannya saya buat dari broklat merah yang di bagian bawahnya dipadu dengan gradasi furing warna kuning-merah-putih. hasilnya lengan yang menarik. 


suatu hari bersama petra, kami nonton pertunjukkan jamaica cafe-grup acapella yang saya kagumi di @amerika. petra memenangkan kuis hari itu, dia mendapatkan hadiah kaos dari jamaica cafe. tapi kaos itu saya palak...hihihii..karena sempit, saya buat refashion. saya tambahkan kain hitam di bagian pinggir dan saya buat lengan yang baru dari kain hitam, dengan aplikasi warna merah untuk lengan bawah.

tadinya ini adalah kaos polos warna merah marun. merk-nya u2, tentu saja kualitasnya baik, sehingga sayang kalau dibuang. kemudian saya bongkar lemari ibu dan menemukan (pppaaasss beennerrr jodoh banget) kain dengan warna senada, yang akhirnya saya gunakan untuk membuat lengan baru dan syal. hasilnya adalah kardigan syal yang menarik. 


tadinya ini adalah kaos polos warna hijau yang sudah sempit merk giordano. kemudian saya refashion. bagian samping saya perlebar dengan kain yang sama untuk membuat lengan. kemudian pada bagian depan saya tempelkan perca batik. kain biru itu hasil pewarnaan dengan wanteks dari bekas rok warna putih.

tadinya ini adalah blouse untuk maternity tapi kebesaran di bagian perut. bagian belakang disekeng sesuai bentuk tubuh. kemudian lengan diganti dengan warna pink dan diberi aplikasi ruffle.

tadinya ini adalah kaos polos dengan bahan campuran rayon spandek. tapi sudah sempit. kemudian kaos ini saya belah dan saya tambahkan resleting. dan bagian lengannya saya ganti dengan bahan silk jepang yang ringan. 


tadinya ini adalah kaos polo merk lacoste *tuh logo buaya-nya belum hilang. karena sempit saya refashion. saya lebarkan dengan menambahkan kain di sisi kiri kanan dengan kain untuk membuat lengan. kerah polo-nya saya buang dan saya tambahkan aplikasi ruflle.

tadinya ini adalah camisol. karena modelnya you can see, maka saya tambahkan lengan dari kain hitam dengan aplikasi kancing. sekarang camisol ini berubah jadi blouse dan ringkes

tadinya ini adalah camisol. karena you can see dan sempit, maka bagian samping saya tambahkan bahan broklat hitam. untuk lengan saya ganti dengan kain hitam dan broklat hitam. kemudian saya tambahkan batu-batu di depan supaya tambah manis.


tadinya ini kaos polo. kemudian saya refashion, saya buang kerahnya. kemudian saya beri aplikasi dari batik, ruflle di bagian leher. kemudian saya beri perca-perca batik pada bagian badan, dan aplikasi di bawah lengan.


tadinya ini adalah blouse warna merah bata yang membosankan dan kusam. kemudian saya refashion dengan memberikan aksen ruffle di bagian depan dan lengan.



tadinya ini polo shirt giordano, tapi sempit. kemudian dilebarkan bagian tangannya dan bagian badan dibuat bentuk baru dari dua jenis kain perca-perca.

kaos jaman sma yang jarang dipakai karena kebesaran. kemudian dikecilkan dan ditambahkan renda di bagian bawah lengan, leher dan bagian depan

tadinya kaos polos hijau dengan campuran rayon spandek. saya refashion karena lengan bahan spandek itu membikin lengan saya tampak menyerupai sayap...ngerriii.. hihihihi... saya ganti lengannya, kemudian di bagian depan saya buat aplikasi dari kain pink dan ruffle dari kain sisa membuat lengan.



tadinya ini adalah vest dengan kerah. kemudian kerahnya saya buang. lengannya saya ganti dengan bahan batik dan di bagian depan saya tambahkan aplikasi dari kain hitam dan ruffle batik.

tadinya ini adalah sebuah blouse untuk maternity, buat saya kebesaran dibagian perut. kemudian dikecilkan bagian belakang dengan cara disekeng. lengannya saya ganti dengan bahan batik yang tersisa dan saya tambahkan ruffle pada bagian depan. sekarang blouse ini telah nyaman dikenakan.

tadinya ini polo shirt putih, membosankan sekali. akhirnya kerahnya dibuang. kemudian ditambahkan perca dari sisa kain. bagian bawah lengan ditambahkan sisa kain.

kemeja ini terlalu panjang dan besar, sementara saya gemuk pendek dan modelnya model laki-laki. saya perbaiki sehingga terlihat lebih nyaman untuk dikenakan perempuan. detail kemejanya menarik sekali

tadinya ini blus yang pueendekk banget.. ya sudah, gunting lengan dan kasih karet, biar ngebentuk ruffle. bagian bawah kasih tambahan ruffle buat manjangin

tadinya ini kemeja stripe yang sempit. bagian lengan panjang saya gunakan untuk melebarkan badan. kemudian lengan diganti dengan kain warna pink.

tadinya ini kaos polos warna biru dengan campuran spandeks. kemudian karena sempit saya lebarkan kiri kanan dengan kain hitam. lalu lengannya saya ganti dengan bahan bekas rok batik warna biru. 



tadinya ini kaos stripe yang sempit. kemudian saya campur dengan sweatshirt biru yang sudah sempit. dari 2 kaos sekarang menjadi satu kaos yang nyaamn lagi untuk dikenakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar