Senin, 05 Agustus 2013

kesedihan, teman.... adalah sepupu rindu




di jalan teman, kau tahu, lebih banyak berjalan orang-orang dengan kesedihan menggantung di tubuhnya, daripada yang kau bayangkan pernah ada.

kau tahu, kau tak pernah bisa menyangka kesedihan apa yang dialami setiap orang. kau melihat seseorang tertawa, seperti betul-betul bahagia. kau melihat seseorang berdiri sendirian, mendengarkan musik lewat earphone. Ada berapa ratus ribu orang asing yang berpapasan denganmu di sepanjang perjalanan? kau mungkin seperti aku, tak pernah sempat menyadari ada banyak hal tak dapat dijangkau nalar, 

ada banyak kesedihan terjadi diluar jangkauan nalar. Kadang buku yang memuat cerita fiktif lebih masuk akal ketimbang hidup yang kita jalani..

mungkin di sebelahmu berdiri, ada seorang lelaki atau perempuan, telah merasa pilu bertahun-tahun, telah hampir gila, hampir tidak tahu mengapa ia masih harus bertahan hidup. 

sebab  ia mencintai pasangannya, tapi ada di sudut hatinya, seseorang yang ia kasihi jauh di masa lalu terus menetap di sana dalam kisah-kisah fiksi - dengan begitulah ia masih dapat bernafas dan merasakan hidup, mengetahui bahwa apa yang tak mungkin menjadi, masih bisa terjadi hanya di kepalanya, 

ia tahu ini sakit, tapi tak memikirkan jauh lebih sakit. 
kesedihan adalah sepupu rindu. 

atau seseorang yang baru saja menyenggolmu tak sengaja, membawa sayatan perih di setiap inchi tubuhnya, jauuuh perjalanan yang ia rasakan, untuk dapat masih berdiri tegak hingga hari ini. 

orang sering bilang mereka yang tertawa dengan riang dan mencoba mengawetkan bahagia seringkali justru mereka yang sangat terluka dan telah berjuang keras untuk bertahan hidup, selalu ada airmata menetes di malam hari, yang coba ia kumpulkan dalam botol kristal. hatinya sering berdenyar nyeri.

 kesedihan, teman, adalah sepupu rindu..

di seberang kamar kostmu, mungkin ada penghuninya yang mencoba berulangkali menuliskan kata-kata, tapi tak pernah berhasil. ada banyak hal yang ingin dikatakan, yang tak tertulis seringkali adalah bagian yang terpenting.

dia sebetulnya hanya ingin membekukan kalimat ini. 

Aku selalu deg-degan tunggu postingan di blogmu. Tolong jangan dinonaktifkan, aku senang membayangkan fiksimu adalah aku, hanya dengan cara itu aku tahu sebetulnya kita masih jatuh cinta. Tolong
#you

kesedihan teman, adalah sepupu rindu.

1 komentar: