Kamis, 02 Mei 2013

resep masakan rumahan dengan bumbu racik instant rendang


selama sebulan ini saya eksperimen bikin masakan sederhana dengan bumbu racik rendang sajiku. saya kepingin tahu jenis masakan apa saja yang bisa disajikan enak, murah meriah dan tetap bergizi dengan menggunakan bumbu racik rasa rendang ini. ada beberapa hal yang membikin saya meluangkan waktu untuk uji coba. motivasi terkuat timbul karena selama  beberapa waktu harga bawang naik gila-gilaan, sehingga sebagai perempuan yang ngurusin persoalan domestik di rumah, saya juga mesti cari akal untuk bisa menyiasati perubahan harga bumbu dapur, sebabnya enggak lucu kalau setiap hari mesti menambah bujet hanya untuk konsumsi bumbu dapur sebanyak 15 – 20ribu sekali masak, belum dihitung dengan lauk pauk, karbohidrat, gas dan minyak goreng. kalau ini jadi masalah buat saya, tentu jadi masalah juga dengan orang lain.

ternyata ketika saya obrolkan ini dengan seorang kawan dekat, dia pun merasa pusing dan meminta saya untuk membuatkan resep masakan sederhana yang minim bumbu dapur. kami jadi bincang-bincang banyak sampai ke persoalan politik, korupsi dan sejuta lebih penduduk indonesia yang sakit jiwa.

betul, pelaku korupsi tentu aja sakit jiwa, sakit mental, mereka punya mental bobrok, menjijikkan dan bikin mual. lebih gak lucu lagi kalau para pelaku korupsi itu masih inget sembahyang, demi tuhan deh..mengecilkan semesta banget perilaku kayak begitu, orang-orang macam ini memang menyedihkan.

dan kuberitahu ya, bila hidup kita tiba-tiba harus jadi serba sederhana, ini bukan hal sedih, hidupmu sama sekali tak menyedihkan. menyedihkan adalah apabila kita menggadaikan akal sehat dan milih jadi sakit jiwa, yah seperti mereka yang korupsi itu. 

kawan saya ngobrol ini kawan kuliah, kami jadi terkenang-kenang masa kuliah, mulai bertanya-tanya bagaimana kabar si gondrong yang jualan nasi gila, atau hendro yang jualan bakwan malang, tukang parkir preman yang anaknya suka keliaran di dalam kampus, tukang bajaj gendut langganan saya pulang ke rumah, serta wajah-wajah yang kami ingat dengan detail namun jarang tahu namanya, kami kangen dengan mereka.
“mudah-mudahan mereka dalam lindungan tuhan deh. masih bisa makan dan sehat, semangat buat nyambung hidup.” doa kawan saya itu tulus. 

saya buatkan resep untuk dia dan dengan semangat berbagi, saya posting di sini, semoga akan ada yang terbantu. 

pertama kali yang saya pikirkan adalah tempura, sayuran yang saya pilih kali itu adalah terong ungu dan jamur tiram. 2 buah terong ungu yang besar saya potong-potong dan belah menjadi sebesar jari telunjuk, demikian pula jamur tiramnya saya sobek jadi 3 sehingga sekarang potongannya sebesar jari telunjuk, tujuannya supaya ketika digoreng cepat matang. potongan sayuran kering itu saya beri ½ sachet bumbu racik rendang kemudian saya diamkan beberapa saat sambil membuat adonan tempuranya. saya buat adonan tepung terigu dan air yang kental, kemudian saya tuangkan ½ sachet bumbu racik rendang. celupkan sayuran ke dalam adonan tepung dan goreng deep fried (dalam minyak bersih panas yang banyak).  selain terong ungu dan jamur, bahan lain seperti brokoli, kembang kol, ubi-singkong-kentang rebus, bawang bombay, tahu serta tempe juga asik digoreng dengan bumbu racik rendang. 

itu resep yang pertama.

resep yang kedua, nemunya juga gak sengaja. saya suka pecel, ibu kerap membelikan bumbu pecel kacang di pedagang langganannya.  hampir setiap minggu ibu stok bumbu pecel. suatu hari dalam sebulan ini tanpa ngecek persediaan bumbu pecel kacang di kulkas, saya udah keduluan merebus kangkung, kacang panjang dan bayam. begitu ditiriskan ehladalah..enggak ada bumbunya.. mau diapain itu sayuran rebus? mana sudah sore pula, sudah enggak ada tukang sayur buat beli kelapa untuk bikin bumbu urap. 

akhirnya daripada mubazir, sayuran rebus itu saya ambil semangkuk dan saya cacah kasar. saya bikin adonan bakwan yang kental dengan sebutir telur, tepung terigu dan tepung beras. airnya saya tuang sedikit-sedikit supaya tetap padat dan gak encer. saya tuang deh satu sachet bumbu racik rasa rendang. goreng di minyak panas. hasilnya coklat banget meski gak gosong. dan hasilnya diluar dugaan saya, kirain enggak enak. ternyata bakwan rasa rendang itu rasanya lumayan banget. 

sayuran apa yang cocok untuk dibikin bakwan rasa rendang? saya rasa apa aja cocok deh. wortel, kol, tauge, daun bawang seledri, jagung parut sudah lazim dan semua orang bisa bikin, daun singkong rebus yang dicacah, kangkung rebus cacah sampai ke gagang-gagangnya, bayam cacah juga enak dibikin bakwan rendang, tambahin daun bawang seledri supaya makin legit dan harum gorengan bakwannya. 



resep yang ketiga enggak jauh-jauh dari bakwan goreng, mereka masih sepupu-an, ehehehe... tentu aja kita enggak boleh lupain tahu susur / tahu isi. saya bikin isian sayuran tumis wortel, kol, tauge, daun bawang seledri dengan bumbu racik rendang. tumisan itu saya beri bumbu bawang putih, daun jeruk iris halus, serta jahe. kemudian diisikan ke dalam tahu kulit yang sudah direbus dan diperas supaya hilang minyak kotornya. goreng deh dalam minyak panas, tak lupa adonan kulit tepungnya tuangi sedikit dengan bumbu racik rendang supaya seluruh tahu isi itu kuat rasa rendangnya.

nah, kalau enggak suka goreng-gorengan seperti ibu saya, makan saja tumisan sayuran pengisi tahu susur itu apa adanya. tumisan ini bisa dicampur dengan potongan tahu kulit, orak-arik telur, suwiran ayam rebus, suwiran ikan tongkol kukus atau daging giling yang ditumis bareng dengan bawang putih – daun jeruk – jahe. jadi deh orak-arik sayur temen makan nasi. 

“kayak makan nasi gila deh ren.” kata petra temen saya ngebolang keliling jakarta, untuk kamu yang sering mampir di blog ini jamak dengan nama dia, btw terimakasih sudah mampir ya. 



bikin racikan nasi gila dengan bumbu racik rendang, kenapa enggak? pilihan sayur dan lauknya juga macem-macem. mulai dari bakso, sosis, ayam suwir, telur orak-arik, udang cacah. ati ampela rebus cacah. sayurannya juga terserah mulai dari wortel, buncis, jamur tiram atau jamur merang atau jamur enoki, sawi ijo atau sawi putih atau kol, jagung putren, cabe ijo atau paprika bahkan oyong. jodoh banget buat temen makan nasi hangat, bihun goreng, mie goreng, atau kwetiauw goreng. 

gimana caranya bikin tumisan nasi gila? yang perlu kamu lakukan setelah menyiapkan semua sayuran dan lauk yang mau dicampur adalah menumis dulu bumbunya. untuk tumisan rendang ini biasanya saya gunakan bawang putih, daun jeruk, sereh dan jahe cincang, tumis dalam minyak panas. kamu juga bisa abaikan serehnya dan gunakan bawang putih, daun jeruk serta jahe cincang. atau buang jahenya dan gunakan daun jeruk, sereh serta bawang putih. rasanya nanti jadi beda. lalu masukkan sayuran yang agak keras seperti wortel, jagung putren, ciprat-ciprat dengan air hingga agak layu, baru deh masukkan sayuran lain, tuang dengan bumbu racik rendang, masak sampai matang, tingkat krenyes sayurannya tentu suka-suka kamu.  



saya kebetulan enggak doyan tumisan sayur basah yang airnya banyak, jadi saya gak pernah nuang air ke dalam tumisan saya. yang saya lakukan adalah ngepyurin wajan dengan cipratan-cipratan air secara berkala, sambil sayurnya dibolak-balik, tutup dengan tutup wajan dan begitu seterusnya sampai saya rasa krenyes-nya pas. soalnya kalau makan tumisan sayuran basah rasanya kayak makan di warteg, bukan seperti makan di restoran. 

kalau kamu adventurer dan suka coba-coba aneka rasa, dalam tumisan nasi gila-mu itu tambahkan plain yogurt yang kecut banget itu, rasanya jadi berubah dan enak lho dimakan dengan flat bread.
apa lagi makanan sederhana yang bisa dibuat dengan bumbu racik rendang?
martabak dengan aneka macam isi.

saya bikin martabak bihun rendang dengan bumbu racik. ceritanya pengen diversifikasi pangan, enggak harus tergantung sama nasi. ngemil 3 potong martabak bihun juga udah bikin kenyang banget..ngeettt... bikinnya juga sepele. saya rebus 1 kantong kecil bihun dan 1 wortel yang telah dirajang kecil, kemudian saya tiriskan dan saya gunting-gunting bihunnya. saya campur 1 mangkuk rajangan daun bawang seledri, setengah buah paprika merah dirajang kecil, satu butir telur dan 1 sachet bumbu racik rendang. kemudian letakkan satu sendok adonan ke dalam kulit lumpia, lipat dan goreng. sepele tapi enak. 

karena ini hanya pengantar imajinasi dalam membikin masakan sederhana, tentu kamu bisa tambahkan bahan lain dalam adonan martabakmu. misalkan untuk martabak bihun rasa rendang ini bisa kamu campur kornet – kurangi bumbu rendangnya karena kornetnya sudah asin, atau ati ampela rebus yang dicacah, atau dada ayam rebus cacah, daun wang-sui cacah – rasanya akan harum banget dan beda banget ketimbang pakai daun seledri, rajangan halus kol, paprika cincang, tumisan jamur tiram, anything, bahan-bahan yang kamu suka bisa dicampur ke sini. 




kadang-kadang kulit lumpia yang dijual di pasar itu rapuh dan bikin ambyar ketika digoreng, dan itu bikin kesel, karena minyak satu wajan jadi kotor isian martabak. ada tips-nya buat goreng martabak dari kulit lumpia. beli kulit lumpia yang besar. misalkan kamu beli 30 lembar kulit lumpia besar. ambil 6 kulit lumpia dan potong jadi empat bagian. sekarang kamu punya 24 lembar kulit lumpia besar dan 24 potongan seperempatan kulit lumpia. 

ketika mengisi adonan, letakkan seperempatan potongan kulit lumpia di atas kulit lumpia besar, kemudian letakkan sesendok adonan dan lipat menyerupai amplop. kalau saya enggak merekatkan dengan putih telur atau adonan tepung kental supaya martabaknya enggak pecah ketika digoreng. melainkan semua pengerjaan itu saya lakukan berbarengan dengan pekerjaan menggoreng. bagian bawah lipatan amplop martabak itu saya cemplungkan separo bagian di minyak panas, sehingga dengan sendirinya menutup. kemudian saya dorong deh ke tengah wajan, ketika sudah menutup, dan martabaknya tinggal di bolak-balik, enggak pecah dan enggak lembek. 

tentu bukan hanya bihun yang bisa dibuat martabak seperti ini, mie rebus dan tahu pun juga asik dibikin martabak rasa rendang. kalau pakai tahu cina, setelah diremas-remas, peras supaya airnya keluar semua, setelah itu campur dengan rajangan daun bawang seledri, telur dan bumbu racik rendang.
mau bikin perkedel tahu rasa rendang juga bisa, dari adonan yang sama, campurkan sedikit tepung beras supaya ketika digoreng enggak ambyar. goreng perkedel tahu memang gampang-gampang susah, jangan dibalik sebelum kering benar, karena pasti pecah. pakai minyak bersih supaya minyak tak terserap ke dalam gorengan perkedel atau martabak.

bikin samosa tempe dengan bumbu racik rendang juga asik, kita masih menggunakan kulit lumpia juga. gampang banget. satu papan tempe (yang kecil aja, 3ribu harganya) diparut. kalau gak ada parutan, rajang tempe kecil-kecil kemudian diremes-remes sampai hancur dan lumat. campur 1 sachet bumbu racik rendang dan 1 sdt gula pasir, aduk tempe lumat hingga rata. siapkan 2 mangkuk rajangan daun bawang.  kemudian tumis tempe lumat dalam 4 sdm minyak panas, aduk-aduk. beri setengah gelas air dan masak tempe hingga agak kering. tuangkan 1 mangkuk rajangan daun bawang. masak hingga kering dan seluruh adonan tempe daun bawang tercampur rata. biarkan dingin. 

di dalam mangkuk aduk adonan tempe dengan 1 butir telur dan 1 mangkuk rajangan daun bawang. isikan ke dalam kulit lumpia. goreng hingga keemasan. jadi deh samosa tempe... asik dan kriuk-kriuk. murah meriah dan sederhana. mau ditambahin daging giling juga enak, tapi nanti judulnya bukan murah meriah lagi, ehehehee...

tempura sudah, bakwan sudah, orak-arik untuk nasi gila sudah, martabak sudah. apalagi yang murah meriah dan bisa dibuat dengan bumbu racik rendang? tentu omellet atau dadar telur.
telur dadar rasa rendang, kenapa enggak. 

sayuran dan lauk yang bisa dicampur ke dalam omellet rasa rendang juga macem-macem.
kamu bisa bikin tahu telur dengan rasa rendang. goreng potongan tahu cina bentuk dadu sebentar saja, campur ke dalam kopyokan telur dan beri sedikit bumbu racik rendang. goreng lagi dalam minyak panas. 
mau ala italia campur padang? yuk bikin fritata. siapkan semangkuk kentang potongan dadu yang telah direbus beri ½ sachet bumbu racik rendang dan aduk-aduk. kocok semangkuk rajangan daun bawang dengan empat butir telur dan sisa bumbu racik. masukkan kentang rebus ke dalam kopyokan telur dan aduk rata. dadar dalam teflon. sajikan hangat. protein dapet, karbohidrat dapet. 

kamu juga bisa campur kentang rebus potongan dadu dengan tumisan bayam, atau tumisan jamur, rajangan kapri dan parutan wortel, kornet, suwiran ikan tongkol – tambahkan rajangan daun jeruk dan sereh biar harum. dan macem-macem lagi, karena basicnya fritata model begini dapet protein dan karbohidrat sekaligus. 

fuyung hai sayuran dengan bumbu racik rendang juga enak. siapkan rajangan sayuran wortel, kol, daun bawang dan campur ke dalam kopyokan telur berbumbu racik rendang. goreng deh, warnanya sih bakalan lebih coklat, jangan kawatir, itu bukan gosong, tapi karena pengaruh warna bumbu raciknya.
omellet mie juga enak. rebus mie instant setengah matang. tiriskan. campur dengan telur dan bumbu racik rendang. tambahkan parutan wortel, daun bawang, kol rajang halus ke dalam adonan omellete mie. dadar dalam teflon. kalau mau lebih enak lagi, campurkan udang kupas cacah..itu asikk banget. selain mie, gunakan makaroni rebus, juga enak. kalau kamu bikin dengan bihun, omellette-nya bakal kering banget. kalau kamu bikin dengan kwetiaw, jadi basah dan benyek.kalau saya sih prefer pakai mie atau makaroni.
nah..mudah-mudahan tips kali ini ada gunanya..

selamat makan... 

yang nge-kost atau bujang enggak punya alasan lagi enggak mau masak. gampang kok masak itu. kalau masak buat keluarga, ada banyak yang bisa dihemat ketimbang jajan di luar. 

until then, berkah dalem !!!


PS : dear fellas.. ternyata banyak yang mampir... saya sedang cicil buat blog baru tentang cerita makanan. tentu boleh mampir ke sini :) http://wuntasanggili.blogspot.com/2013/06/take-love.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar